Sabtu, 11 Maret 2017

Ayam Ketawa Mirip Suara Kuntilanak

Ayam ketawa yang memiliki suara kokok mirip dengan suara kuntilanak.

SABUNG AYAM ONLINE - Selain ayam bangkok, ternyata ayam juga memiliki banyak jenisnya. Ayam tertawa dilihat dari segi fisik dan warna sekilas tidak memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Makanan dan perilaku juga sama, cuma yang membedakan adalah suara kokoknya. Ayam ketawa memiliki suara kokokan khas menyerupai orang yang sedang tertawa. Selain variasi tertawanya yang bermacam-macam, bahkan ada yang disebut mirip suara kuntilanak.
Ayam ketawa ini berasal dari Sidenreng Rappang (Sidrap), sekitar 184 km dari Makassar. Diketahui pada jaman dulu dipelihara dan diternak oleh para bangsawan di kerajaan Bugis, Sulawesi Selatan. Ayam ketawa merupakan simbol dari status sosial dan budaya bangsawan yang gagah berani, pantang menyerah dan sukses.
Tetapi ada beberapa jenis ayam ketawa yang ditandai dari warnanya, seperti Korro (memiliki warna dasar hitam yang dipadu dengan warna lain), Bakka (memiliki warna putih dominan), Borri tase (warna dominan merah-hitam dan kaki berwarna hitam), Cepaga (warna dominan merah dan hitam dipadu dengan bintik putih), dan Lappung (warna dasar hitam dengan merah hati, dan memiliki ciri yang mencolok yaitu memiliki warna mata putih).
Di Jakarta sendiri, ayam ketawa sudah diperjualbelikan dan dibandrol dengan harga 1 hingga 2 juta rupiah, tergantung jenis ayamnya.
Ciri-ciri ayam ketawa
Ciri-ciri ayam ketawa yang memiliki suara kokok mirip suara kuntilanak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar